Arti : Makara

Simbol : Kambing

Periode : 22 Desember – 19 Januari

SIFAT YANG MENONJOL

Seorang pekerja keras dengan ambisi yang besar, itulah Capricornus. Meskipun sesuatu yang dihadapinya adalah sesuatu yang sukar, Capricornus tak pernah menyerah. Mereka biasanya gila hormat dan pesimis dalam menghadapi sesuatu hal yang tak berkenan di hatinya. Namun Capricornus adalah seseorang yang dapat diandalkan, cerdik, jujur dan setia. Mereka juga calon pemimpin yang baik, tapi agak berlebih sehingga cenderung ingin menguasai orang lain, terutama sahabat dekatnya. Capricornus juga mudah terharu, karena perasaannya yang peka dan sangat sensitif, Dan karena sifatnya ini juga ia mudah tersinggung.

Seorang Capricorn selalu dihantui perasaan khawatir. Dengan tiba-tiba saja kemurungan akan melingkupi dirinya tanpa alasan pasti. Meskipun dalam keadaan depresi, mereka tetap maju terus. Dalam mengadakan kontak, mereka selalu dipengaruhi oleh kedudukan, kekayaan atau turunan seseorang.

Masa lampau penting artinya bagi mereka. Itulah sebabnya mereka kebanyakan menyukai sejarah dan barang antik. Dan terkadang menilai orang dari sejarahnya. Seorang Capricorn tidak mudah melupakan segala tanggal yang mempunyai arti penting baginya. Kesehatan badannya selalu terganggu karena terlalu banyak pikiran dan depresi. Ini mempengaruhi pencernaannya.

PERCINTAAN

Capricornus adalah seorang pencemburu. Ia selalu menyimpan rasa curiga yang berlebihan terhadap pasangannya, namun ia adalah tipe orang yang setia. Bila sudah mencintai seseorang, ia akan tetap mencintainya dan takkan berpaling kepada orang lain. Ia juga akan memberikan perhatian dan kasih sayang lebih kepada orang yang dicintainya. Sebaliknya bila ia tak menyukai seseorang, ia tak akan segan-segan menolak tanpa mempedulikan perasaan orang lain.

Jodoh yang cocok untuk Capricornus : Virgo, Taurus dan Pisces.

Jodoh yang tidak cocok untuk Capricornus : Libra dan Aries.

PERGAULAN

Capricornus adalah seorang yang agak pemalu dalam memulai suatu hubungan, akan tetapi kalau sudah bersahabat, ia bisa menjadi sahabat sejati yang rela berkorban demi sahabatnya dan bisa dipercaya. Namun apabila ada yang menyakiti hatinya, dalam sekejap Capricornus bisa berubah menjadi seorang pendendam dan tak peduli dengan perasaan orang lain.

FASHION

Sederhana dan tidak berlebihan, demikianlah cara orang-orang Capricornus berpakaian. Walau ia seorang yang berkecukupan dan kaya raya, ia lebih suka berpenampilan apa adanya dan enggan menyombongkan diri.

PEKERJAAN

Jelas Capricornus adalah seorang pekerja keras, namun ia tidak akan merasa puas begitu saja apabila mendapatkan kedudukan yang tinggi tanpa kerja keras, ia lebih merasa tenang dan lega apabila kesuksesannya itu didapat dari hasil kerja kerasnya.

Pekerjaan yang cocok bagi orang Capricornus :

Pengacara, Musisi, Pedagang, Dokter, Apoteker, dan Wartawan

PERKAWINAN

Selektif dan tidak sembarang pilih, begitulah sikap para Capricornus dalam memilih pasangan hidupnya. Karena, sekali ia memilih seseorang, maka ia tidak akan berpaling darinya untuk selamanya. Ia juga akan mempertahankan mati-matian perkawinannya dan bersikap setia kepada pasangannya.

REJEKI

Umumnya, orang-orang Capricornus memiliki rejeki yang bagus. Berkat kejujuran dan kebaikan hatinya membantu orang-orang yang sedang kesusahan, maka rejeki tak pernah habis dan selalu datang setiap saat. Apalagi Capricornus buka tipe orang yang suka foya-foya, jadi ia tak akan mengalami kesulitan keuangan.

SUAMI CAPRICORNUS

Seorang kepala keluarga yang sederhana dan pandai berhemat. Meski hidupnya berkecukupan, ia tak suka memamerkan kekayaannya pada orang lain. Ia juga seorang suami dan ayah yang disiplin dan punya prinsip untuk mendidik anak-anaknya.

ISTRI CAPRICORNUS

Pandai mengatur keuangan, hemat dan rajin menabung, serta pintar mendidik anak-anaknya dengan baik. Selain itu juga pandai memasak dan mengarahkan suami ke jenjang kesuksesan. Ia juga setia dan memiliki cinta kasih yang dalam kepada keluarganya.

MASALAH SEKS

Cukup bergairah, namun tidak berlebihan. Ia cukup romantis dan hangat di atas ranjang, tapi tidak terlalu menggebu-gebu.

SIFAT-SIFAT POSITIF

Pandai berhemat, jujur, setia, tidak suka berfoya-foya, ringan tangan, pandai menyesuaikan diri dan tidak suka menyombongkan diri.

SIFAT-SIFAT NEGATIF

Pesimis, tidak percaya diri, egois dan pencemburu, serta selalu ingin menguasai orang lain dan pendendam.

HARI BAIK

Senin, Kamis, Sabtu

oh my god.. im so capricorn

words of the day

Malam itu tanggal 11 Desember 2009 dan Pee Wee Gaskins baru saja menyelesaikan tugas menutup konser MXPX all-stars di Malaysia.

Sebuah cerita dibalik "Berdiri Terinjak".

Mengacungkan jari tengah sudah seperti ritual wajib menonton Pee Wee Gaskins kemanapun kita main. Baik yang suka maupun yang (mengaku)anti. Seperti juga ketika manggung di Kuala Lumpur, gw sengaja mengajak penonton untuk mengacungkan jari tengah ketika menyanyikan lagu "Berdiri Terinjak". Apa yang ada dibalik lagu ini? Andre Opa, Editor in Chief majalah Trax yang ikut pada perjalanan kita itu, menyambangi kamar gw, dan kemudian banyak rahasia terungkap dari obrolan yang awalnya cuma sekedar ngalor ngidul.

apa istimewanya "Berdiri Terinjak?"

Sebelum adanya mereka yang menamakan anti PWG, kita emang udah dari awal punya ritual mengacungkan jari tengah di lagu ini. Ini semacam ungkapan perasaan. Kita dari dulu merasa terkucilkan, tapi kita tetep aja cuek main. Dulu kita kan mainnya di acara metal screamo yang waktu itu lagi menjamur. Dulu kan jarang ada band sealiran PWG, yang ada aliran teriak-teriak semua. Dulu gw inget banget pernah main di Colours Cafe, Thamrin, pas baru awal-awalnya PWG. Disitu yang nonton ada temen-temen dari lingkungan band gw sebelumnya (band emo The Side Project). Lantas banyak yang memandang gw gak enak kayak the-"ngapain sih anak masih ngeband aja"-look. Dari sana lirik lagu "Berdiri Terinjak" keluar dari kepala gw.
"...biarkan kudisini, semua mata kan memandang rendah, ku akan terus keras bernyanyi.." sejak itu kita putuskan lagu ini semacam mewakili perasaan kita yang bakal terus akan ada yang gak suka, tapi kita tetap akan terus bernyanyi keras.

setelah menjadi terkenal, selanjutnya apa?
Lucunya kita belum pernah merasa welcome main di gigs. Karena kita tau dibelakang pasti akan ada omongan yang gak enak setiap kita manggung. Orang-orang teris bilang kita lupa sama gigs kecil kaya kacang lupa sama kulit. Padahal kita sendiri selalu merasa kecil di filosofi kacang tersebut. It's like... kita dulu pengen banget keluar dari kepenatan karena gak dihargain di komunitas, tapi begitu kita bisa "nyebrang", banyak komunitas yang mengklaim kita jadi penghianat karena gak mau main di gigs kecil. Padahal itu sama sekali gak bener. Kita masih PWG yang dulu, kita siap main di gigs manapun.

Bagaimana dengan yang anti-anti itu?

Menurut gw berhadapan dengan mereka itu punya pesan tersendiri, kita jadi punya sesuatu yang bisa kita tawarkan yaitu main musik yang kita suka, bukan musik yang orang lain minta kita mainin. Menghadapi yang "anti" semacam sebuah doping yang mendorong kita untuk jalan terus.. terus.. dan terus. Mereka menstimulasi PWG untuk maju, makanya kita gak pernah merasa grogi ketemu mereka, walau diteriakin sekalipun.

Jadi semacam sikap negatif dari yang anti menjadi semangat positif buat kalian?
Betul. Dan kita beruntung ketemu orang-orang yang frontal yang secara blak-blakan ngasih tau kekurangan kita. Jadi menghemat waktu untuk kita membahas dalam forum internal. Kita jadi tau apa yang mesti dibenahi. Dari awal kita juga pernah berhadapan dengan media. Mungkin karena attitude dan statement kita yang kurang berkenan (being young and reckless, and be as punk as f*ck ngelakuin apa aja yang kita mau).

Ini yang membuat kalian terlihat santai dengan cacian?

But that's just who we were. We're just kids growing up and learning things the hard way. Saat paling berkesan buat gw bukan saat di atas panggung, tapi justru bagaimana bertahan menuju ke panggung-panggung selanjutnya, meeting new people, belajar banyak dari mereka yang lebih dulu ngerasain manis pahitnya sebuah band punk rock yang influenting youth. Setidaknya kita bisa ngasih contoh positif kalau menuju kesenangan itu gak segampang bersenang-senang itu sendiri. You jump higher, you fall harder. And then you learn, and jump again, and this time you're stronger.

Ini menjadi semacam sebuah beban?

Iya juga, tapi walau ini akhirnya menjadi beban, once we decided to make good examples, kita jadi terbebani tanggung jawab untuk tidak reckless lagi.





disadur dari Trax Magz edisi Januari 2010

Disebuah kamar hotel di Kuala Lumpur