Rabu, 30 Mei 2012

my experience in music industry

hello!
kali ini postnya agak beda karena mau cerita tentang hal yang lain..
jadi gini, gw belajar banyak banget dari awal bikin Pee Wee Gaskins, dan satu hal yang paling berjasa dalam karir PWG adalah.. internet!
nah bagi gw pribadi internet ada kelebihan dan kekurangannya, yah yang paling jelas kekurangannya adalah kita gak bisa filter semua yang ada di internet, tapi tulisan gw sekarang gak mau nulis tentang kekurangannya.
selang beberapa hari setelah rilis album pertama, lagu kita langsung beredar di internet, album yang kita cuma bikin terbatas dan dijual di Jakarta saja pada waktu itu, bisa langsung didengar orang di seluruh dunia, bahkan kita waktu itu dapet feedback banyak lewat myspace dari US, Australia, dan Jerman. Total CD cuma dibikin 2000 dan habis dalam waktu 4 minggu, launching yang kita adain di salah satu tempat di sebuah mall di Jakarta Selatan juga berhasil membuat orang mengantri masuk, it was all good, karena kita cuma butuh modal cetak CD balik. Sampai sini paham maksudnya? belum? oke lanjut ya.
APA sih music piracy itu?
Music piracy itu menjual karya musik yang bukan hasil dia, itu menurut gw, ya contohnya yang paling gampang adalah BELI cd bajakan. Kalo dalam hal ini udah pasti ada yang DIRUGIKAN. Sebelum gw terusin kesitu gw mau buka sudut pandang dulu.
Sebelum gw kenal internet, setiap gw denger lagu bagus di radio, gw langsung ke toko kaset dan cari album dari band itu, dan gw akan balik lagi hari-hari setelahnya sampe albumnya ada di toko kaset itu. Begitu dapet, gw langsung pulang, dengerin di kamar, sambil bolak balik sampul albumnya, seneng banget kalo ada liriknya. Begitu gw kenal internet, gw cari lagu-lagu bagus, liat profile bandnya, dan ternyata selera band yang gw suka itu band yang albumnya susah dicari disini, tapi setiap band yang gw download dan puas, akan ge kasih tau ke temen2 gw, gw sebarin, dan begitu gw nemu albumnya, gw akan lakuin hal yang sampe sekarang belum berubah bisa bikin gw seneng; dengerin di kamar sambil bolak balik sampul albumnya. PUAS.
bisa bedain? belum? oke gw rekap.
band lo bikin album, album di copy dan dijual, itu music piracy.
band lo bikin album, album di burn, disebar, itu music sharing.

i think music should be shared. all the time. by everybody. i think it’s pure insanity to make music filesharing illegal.
and with that said, i have, for years, encouraged my fans to burn, download and share all of my music with each other and with strangers.
and i will never stop doing that. all that sharing eventually comes back to me in all forms of income and goodwill. 


music sharing emang sangat merubah industri, karena record label yang mendanai rekaman dan distribusi merasa dirugikan, ya mungkin, tapi bukan buat gw, bukan untuk gw yang audiensnya terbatas dan tidak mainstream.

Free distribution of music has created a huge growth in the audience for live music performance, where most bands spend most of their time and energy anyway. Ticket prices have risen to the point that even club-level touring bands can earn a middle-class income if they keep their shit together, and every band now has access to a world-wide audience at no cost of acquisition. That's fantastic. 

karena music sharing lah, gw bisa ngerasain manggung di kota dan negara dimana susah dapetin CD original, bayangin gimana senengnya di youtube bisa nemu band dari luar Indonesia bawain Welcoming The Sophomore atau I Hang Out With Zombies Without Being One Of Them? thanks to music sharing. gw yakin dengan pertimbangan yang sama dengan gw (kepuasan beli CD) masih ada fans yang seneng bolak balik sampul album sambil dengerin musik dari band favorit mereka. Artwork + packaging album yang menarik adalah hadiah dari sebuah band karena lo menghargai mereka dengan menikmati musik mereka secara utuh, gak cuma mendengar, tapi lebih personal, dengan memahami arti dari semua lagu yang liriknya tertulis, membaca bagian "thanks to" yang ditulis secara personal, dan momen lo membeli album itu adalah momen dimana interaksi lo dengan band itu terjadi secara personal. Momen selanjutnya adalah menyanyikan bareng lagu-lagu itu disaat mereka manggung. kepuasan dua arah!

gw pribadi agak kecewa dengan rilisan terakhir gw, LIVE DVD AD ASTRA PER ASPERA, karena gw pikir label kurang mengakomodir kemamuan gw memberi hadiah ke kalian yang beli dengan packaging yang (harusnya) bisa lebih bagus. thanks though, it means the universe you still decided to buy that release.

TAPI

betapa menjengkelkannya kalo tiap bilang baru rekaman lagu ini atau itu langsung ditanya "bisa di download dimana?" itu sama aja kaya lagi masak lama-lama, dan begitu jadi langsung "sini masakan lo buat gw" hahaha..

saat ini PWG sedang mengerjakan EP baru sambil nunggu album baru yang bakal mulai dikerjain bulan puasa nanti.

EP atau Extended Play ini berisi 4 lagu yang akan beredar di Malaysia, Singapur, Thailand, Filipin, Hongkong, dan Jepang.

untuk di Indonesia sendiri cuma akan di rilis di internet melalui salah satu portal musik sini, kenapa? hadiah buat yang suka download hehe. sayangnya, jadi gak bisa bolak balik sampul cdnya di kamar deh.. :(



catatan tambahan:
sudah setahun setelah EP YAIGS kami rekam, dan gue yakin beberapa dari kalian udah punya audionya.
gue mau menambahkan beberapa alasan kenapa kami gak rilis EP ini di Indonesia secara fisik.
alasan utama yaitu kami masih under contract dengan Alfa Records, untuk merilis EP ini saja butuh proses dan negosiasi, karena semua lagu yang kami buat di EP ini tanpa melewati sensor/revisi. We wanted this EP to be RAW and brings back the old PWG sound, dan rilisan ini tidak dibuat untuk komersial, tapi cuma sekedar "gambaran" gimana album PWG selanjutnya. Dalam pendanaan, kami biayain semuanya sendiri.
Tapi ternyata lagu YAIGS lah yang bikin Summer Sonic mempertimbangkan PWG untuk main Agustus 2012 kemarin. Begitu selesai rekaman gue mengirim lagu ini ke salah satu orang di balik Summer Sonic, Seiji Nagashima, dan dia langsung jatuh cinta.
Setelah gue baca semua komen di bawah, gue mau bilang terima kasih buat semua yang dukung Pee Wee Gaskins selama ini, dengan membeli setiap rilisan fisik kami, dengan datang di setiap panggung Pee Wee Gaskins, dan dengan menyebarkan pesan, lagu, dan semangat yang kami bangun dari Pee Wee Gaskins.

Tell all your friends about these five kids from Indonesia.

18 komentar:

diary astroboy dan bunda mengatakan...

cod, gw pengen banget beli epnya, males gw download gitu, soalnya gw udah ngumpulin album lo dri ep yg paling awal ampw yg terakhir, dijual dong cod albumnya, please :(

Amey_Moed mengatakan...

gpp deh, aku suka download lagumu terus aku cari lyricnya di google, di print terus di tulis ulang di buku agenda. kuno sih tapi aku suka. sukses terus bang.

milkyway rules! mengatakan...

intinya, jangan tutup situs2 filesharing.. Hehe

curcol mengatakan...

gw gak begitu suka download. gw masih nge-hargain musisi - musisi indonesia yg smart kaya lo cod. jadi gw rasa lo harus buat EP nya juga di Indonesia :)

hilman arif mengatakan...

anda pandai menginspirasi agar setiap orang yang menyukai lagu anda untuk membeli cd originalnya.. keren:)

Diiah Permata Sari mengatakan...

gue jga ska download lagunya dan ngsave diMW gue,klo lagu yg blum gue hafal liriknya,berulang kali gue denger lagunya n ngebaca liriknya,hm agak ribet,tapi PUAS :) Congrat bang,

raditya thesar mengatakan...

aneh juga ya.
release CD di luar negeri tapi di negara sendiri cuma bisa didownload.

Arie21 mengatakan...

nyari cdnya agak susah, jadi sy download aja :)

Affan al farruqi mengatakan...

i need your phone number ! urgent !

Inag Agoyarp mengatakan...

Menurut gua kalo begitu pemikiran lu salah cod,kan ga semua orang di Indonesia yg bersikap kaya gitu,salah satunya gue,gua beli CD dari yang The Sophomore,AAPA sampe yang LIVE DVD pun gue beli.
Kalo soal orang yang mau enak tapi gamau rugi (download) itu gua rasa udah resiko cod.
Apa lo tega buat semua DORK'S di INDONESIA yang mau beli CD EP Pee Wee harus pergi ke luar negri?
PWG berasal dari Indonesia,tapi CD nya lebih banyak di Luar Negri,emang jadi 1 kebanggan sih,tapi nya knapa lo ga coba dijual di Indonesia juga?

Ayi Fahmi mengatakan...

aku ada keinginan buat beli cod, tp di daerah gw susah banget cari CD pwg (mgkin krn keterbatasan tempat).

pertanyaanya kalo CD yg dijual dalem negeri aja nyanrinya susah bgt, apalg yg hanya di jual di luar negeri?

knp lo ga coba ningkatin produksi dlem negeri bang?
padahal gw ada keinginan bwt beli loh bang, tp nyarinya susah jd gw ngelakuin apa yg lo lakin, download dan kasih tw temen2 gw ttg lgu2 pwg.


i'm your unfanatick fan.

T mengatakan...

cod lo harusnya menghargai juga orang yg beli cd pwg dr awal sampe video live, gimana lo tanggepin ini ?

Daryanto Wibowo StS mengatakan...

BUAT DORKS SEMUA yang mau cd you an i going south ...PEEWEE GASKINS ROAD TO JAPAN PARTY!! TIKET ACARA TERBATAS HANYA BUAT 150 ORANG AJA...BURUAN BELI TIKETNYA!! hanya ada di TIME BOMB BRAND jln.RS fatwamati(samping petronas/DayTrans fatmawati)No.6G.cipete selatan-jakarta selatan 08568060501..tiket yg biasa Rp.50 ribu(hanya dpt sofdrink) kalo yg Rp 100 ribu(dapat CD PWG YAIGS + sofdrink) acara nya itu tgl 18 juli.jam 13.00 s/d 18.00 wib di Rolling stone cafe,jln Ampera Raya jakarta selatan.terima kasih...bantu sebar sebar ke semua Dorks

puspacitato mengatakan...

emang bener sih, kalo beli cd band yang kita suka, gak bakalan bosen bolak balikin itu sampul albumnya. hafalin liriknya. haha

hilman ikhsan mengatakan...

kenapa harus dipersulit coba kalo jual album ? setau saya band yang lain aja (di indonesia) jarang ada yang mempersulit menjual belikan album bahkan ga ada . intinya mending jual aja di indonesia ini kan negara kita masa anak dorks harus cape" beli CD ke jepang (cape deh) :)

DORK HOLLIGANS KEMAYORAN mengatakan...

sorry yah mngkin komentar gue agak lambat atau telat , kenapa EP You And I Going South gak di jual di indonesia ? karena EP YAIGS itu hasil rekaman sendiri tanpa naungan label , sementara PeeWee saat rilis YAIGSmasih terikat kontrak sama Alfa Records , ALBUM EP biasa nya dipakai sama band-band indie , jadi tau kan

DORK HOLLIGANS KEMAYORAN mengatakan...

lah kalo PWG ad kontrak sama alfa records kenapa ngeluarin EP ? yahh emang niatnya EP YAIGS itu buat dijual ke luar indonesia , karena saat rilis EP YAIGS juga PeeWee Gaskins lagi tampil di event tahunan nya jepang SUMMER SONIC JAPAN , nahh PWG sekalian deh tuh jualin album EP , buat ngasih tau musik mereka dan juga pihak alfa records setuju atas pembuatan album ep , dan ngijinin buat jual di luar , sebener nya album EP juga dijual di Indonesia , saat pee wee bikin acara sebelum terbang ke jepang + lelang barang mereka

Raden Dimas Subyakto mengatakan...

tenang aja bang, gua sering bolak-balik laptop kok wkwkwk *jadimasihbolak-balik kan intinya? hihi