Sabtu, 20 Januari 2018

Fluktuasi Glukosa

Waktu pertama kali dapet mandat Fluktuasi Glukosa mau diremake PWG rasanya mixed feelings. Lagu itu ibarat anak, bisa jadi posesif kalau mau di pegang orang lain. Tapi udah lama kebayang aransemen full bandnya, dan yang paling pas ya PWG yang remake. Lagu ini sangat personal buat gue, diambil dari EP Analogi Logika yang kurang lebih bercerita tentang hubungan gue sama seseorang yang ngga perlu dijelaskan siapa. Walaupun sekarang udah ngga ada perasaan apa-apa karena cerita dan kenangannya berakhir di Analogi Logika.


Analogi Logika berisi 5 lagu yang kalau didengar secara repeat siklusnya akan nyambung terus. Fluktuasi Glukosa adalah lagu ke 4, tepat sebelum Yang Terakhir, dan repeat lagi ke lagu pertama Dalam Kelam. Sedih ngga sih?



Di post ini gue akan lebih bercerita tentang Fluktuasi Glukosa, terutama tentang videoklipnya yang baru.

Banyak sekali yang komen kalau lebih suka versi gue yang dibikin di Jepang. Well, kalau lebih suka video itu tetep bisa diliat ulang kok. Tapi lagunya udah di remake jadi bernuansa beda, masa videoklipnya mau disamain ceritanya?



Udah lama banget pengen kolaborasi sama Harris Syn, pertama kali kerja bareng dia adalah bikin lookbook Sunday Sunday Co. Akhirnya kita duduk bareng lagi ngomongin videoklip. Gue suka banget sama presentasinya. Ide cerita, kosep, dll suka banget. Tadinya mau dibikin di Bromo. Tapi karena waktu dan dana akhirnya jadinya di Bandung. Modelnya adalah Agnes (videoklip Berbagi Cerita) dan Martin Praja. Sebenernya banyak scene penting yang ilang karena pas lagi take hujan deras, tapi gue puas sama hasil akhirnya.

Ide awalnya gini: sepasang kekasih berencana mendaki gunung bersama, tapi ternyata cewenya divonis sakit dan lalu meninggal, setelah meninggal cowonya menyelesaikan rencana mereka,  kehadiran cewenya seperti  selalu ada di dekat cowonya, dan diakhir klip si cowo membuang abu cewenya, jadi sebenernya perginya dari awal sendiri.



Beberapa scene hilang malah membebaskan penonton untuk berimajinasi dan menginterpretasikan klip ini menurut kepercayaannya masing-masing. Gue mau kasih liat beberapa poin yang mungkin terlewat oleh pemirsa:

Adegan dibuka dengan si cowo mendaki sendirian, nah dari situ sebenernya udah dibocorin tuh tapi masih belum pada sadar pasti pemirsa.


Di menit 1:04 cewenya ada di sebelahnya, di menit 3:26 cowonya duduk sendiri megang sesuatu. Orang yang dibelakangnya sama, cuma posisinya berubah, ya kan perjalanannya jauh mau ke gunung.

Liat deh orang yang dilingkarin, ya begitu kan kira-kira ekspresi orang yang liat ada orang lari-larian sendiri ketawa-ketawa?

Seperti yang sebelumnya udah diterangkan, perjalanan ini sebenernya cuma si cowo doang, tapi...

Ini saat si cewe ngasih tau kalau ternyata dia mengidap penyakit kronis dan umurnya udah ngga panjang, tapi dia pengen banget naik gunung bareng si cowo, dan di sela kesedihannya dia bilang "kalau aku udah ngga ada pasti kamu sama cewe lain kan bang.."
lalu kata si abang:
"Ya ngga lah sayang jangan ngomong gitu dong aku kan masih ada di sini buat kamu, kita nanti naik gunung bareng ya" walaupun sebenernya si cowo tau kalo ngga bisa tapi dia cuma mau menenangkan si cewe, karena sebenernya..



lalu apa maksud adegan ini?  Di sini ceritanya si cowo udah mulai sadar dan mau move on dari cewenya, tapi hantu si cewe ga terima, jadi ditabrak deh biar dia sadar akan kehadirannya.

bye.


Kudos to Thefreakyteppy.








20 komentar:

Levina mengatakan...

Iya, Bang. Siap deh. Ku juga lama-lama jadi gila lihat Meme Kosidahan bertebaran di tulisanmu yang ini 😂

Tapi for all semuanya Bagus mulai dari konsep ceritanya sampai eksekusinya. Good job!!

Raisa Sabrina mengatakan...

Baru aja buka blog ini lagi buat flashback ke makna Fluktuasi Glukosa di post2 sebelum ini. EEEEH liat twitter Dochi juga baru aja update blog ngebahas tentang Fluktuasi Glukosa ala PWG.
Dari awal suka banget sama lagu ini karena liriknya manis, tapi nggak menye dan tetep Dochi banget. Kemarin-kemarin udah excited karena dibikin versi PWG nya eh terus gak lama keluar teaser MV dan MV nya,
All good!! Semua yang ada di MV terasa pas banget gak ada yang kelebihan atau kurang, dari segi model, konsep, cerita, pilihan scene nya dan semuanya!
Btw, scene yang meluk cowo aka nabrakin ke cowonya itu scene favorit bgttttt

Kudos untuk semua yang terlibat dalam MV ini!

Unknown mengatakan...

Ngga nyangka sedalam itu maknanya,aku setuju kalo emang beda nuansanya.brilliant idea

senpima juliantonius mengatakan...

Pertama gue liat emangmikir keras banget, tp gue sadarnya disela-sela itu kok cowonya sendirian. Awalnya gue kira dia flashback atau gimana yg akhirnya dia ndaki lagi tp sendirian karena cewenya udah ngga ada. Ehh taunya tu cewe meninggal dan si cowo ndaki emang dgn tujuan lanjutin keinginan mereka. Pantesan ada perasaan sedih pas pertama kalo gue liat. Finally apapun MV nya dari PWG gue tetep suka. Good luck my favorite band 💕

Unknown mengatakan...

Mengingatkan pada film Fight Club..., tapi tone nya mas haris keren bat :(

Agsn! mengatakan...

Nah, sudah kuduga 😁 iyess bener

Agsn! mengatakan...

Setelah nonton berulang - ulang sampe paham maksudnya 😁

Unknown mengatakan...

nice one, gak pernah kecewa baik lagu, cerita, dan editingnya :)

Gavin mengatakan...

Gue kira cowo dan cewe itu pernah naik gununh bareng. Terus putus, terus cowonya naik gunung lagi sendirian untuk mengenang kisah manisnya. Terus scene yg buang abu itu maksudnya ngebuang kenangan pahit. Ternyata gue salah 😂

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Aisah mengatakan...

Konsep nya alay. Kaya drama Korea aja 😒

Unknown mengatakan...

Gue dari awal juga berasa ada yg kepotong nih videonya, jadi bingung. Tapi semuanya udah dijelasin di blog ini jadi ga bingung lagi

Unknown mengatakan...

obat aborsi

Hasta Guruh mengatakan...

pantes kenapa kok ngerasa lagu fluktuasi glukosa versi dochi ama versi pwg terasa berbeda meski isi lirik sama

kalo di dochi lebih ke arah putus dan orang itu masih ada.
tapi kalo versi PWG lebih e arah putus lintas alam

makanya kok lebih nyesek PWG

temen gua bilang arti vidclip yang pwg sama kayak versi dochi karena sama sama putus padahal sebenrnya beda. gua udah sadar kalo sicewek mati pas waktu si cowok ngelempar abu. gua lupa. itu emang budaya barat atua budaya negara mana yang ngelempar abu orang mati

tetep bagus kok bang dochi yang versi PWG.
jadi keinget temen cewek gua sekarang

bangunpagi mengatakan...

ini ceritnya, kalo di jadiin film keren nih..

Yose Suparto mengatakan...

TRADING ONLINE
BROKER AMAN TERPERCAYA
PENARIKAN PALING TERCEPAT
- Min Deposit 50K
- Bonus Deposit 10%** T&C Applied
- Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

Unknown mengatakan...

Konsepnya keren bang, berani beda ...
Lebih bagus lagi , ditambah scene dimana ceweknya diinfus,dirawat di rumah sakit atau gimanalah, yg penting nunjukin adegan kalo ceweknya sakit , nah baru nyambung tuh alurnya.
Untuk adegan lainnya, udah keren kok bang .
Good job, semoga tak pernah letih untuk terus berinovasi ;)

TheSultanz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
TheSultanz mengatakan...

Mestinya lo kasih tahu langsung ke agensi pwg bukan di blog ini bro hhhh

Shannon Mackle mengatakan...

Happy to have my lover back…………………………

Get Your Lover Back forever,

Help That Really Work Fast,

Contact him for Relationship/marital problem,

Thanks Robinsonbuckler11@gmail. com