Kamis, 10 Juli 2014

sebuah tulisan sensitif berjudul... keyakinan

have you ever thought about religion?
is religion man-made to create order?

for sure, religion is a sensitive thing.. keyakinan, adalah hal lain lagi.. butuh pencarian untuk menemukan keyakinan, jujur gue melewati banyak proses sampai akhirnya gue yakin sama yang gue yakini.

gue terlahir di keluarga Islam, dibangunin solat subuh dan solat jamaah di mushola kecil di rumah adalah hal yang gak jarang gue lakuin di rumah sedari gue kecil sampai gue remaja, di ujung remaja gue, gue memutuskan untuk tinggal sendiri, ngontrak rumah kecil bareng temen-temen. Apakah kebiasaan gue dari kecil itu nempel terus di gue? jujur engga. karena itu kebiasaan, rutinitas yang akhirnya pelan-pelan gue tinggalin karena waktu itu esensinya mulai pudar seiring rutinitas baru.

ada saatnya gue mempertanyakan semuanya.

ada saatnya gue deist, atau deisme. percaya emang ada Tuhan atau "the greater being" atau "the Architect", tapi tidak percaya agama karena agama buatan manusia. percaya neraka dan surga? tidak, waktu itu gue gak percaya karena apapun yang gue lakuin, gue gak percaya kebaikan yang gue lakuin butuh reward, dan kejahatan yang gue lakuin akan langsung ditebus di dunia.

gue mulai nanya-nanya hal seperti, "lo berdoa gak?" ke temen-temen gue yang beragam agama. "dikabulin gak doa lo?" mereka menjawab "ya, kadang dikabulin, kadang engga" "tapi lo yakin kan sama siapa lo berdoa?" jawaban mereka, "ya" hal-hal yang secara rasional gak akan bisa dijelasin.. jadi kalo semua orang berdoa kepada tuhannya masing-masing, Tuhan siapa yang benar?

di saat itu, gue baca dan cari tau banyak hal. gue baca injil, jujur gue gak ngerti, gue baca kitab-kitab lain, baca dan pelajari konsep semua agama, gak ada yang salah, Tuhan itu satu, tapi Dia punya banyak nama, itu pikir gue saat itu. Gue baca Al-Qur'an tapi bagian terjemahan bahasa Indonesia, supaya gue mengerti. Gue baca sekali, gue gak ngerti, baca dua kali, mulai kebayang, baca tiga kali, akhirnya semakin relevan. Sampai gue tau, bahwa di literatur Islam, ada yang namanya tauhid rububiyah.. semua mahluk pada dasarnya mengakui pada dasarnya mengakui tuhan yang mencipta dan maha kuasa.. mereka mengakui, bahwa yang menciptakan mereka adalah tuhan, semua keyakinan sepakat. Jadi semua agama, keyakinan, umumnya bertauhid rububiyah.. kristen.. hindu... budha.. kejawen... etc. tauhid selanjutnya, menurut "penelitian" kecil gue, adalah tauhid ululliyah.. yaitu mereka menyembah, berdoa, hanya pada Allah, tidak kepada yang lainnya.. dan proses itu tidak bisa dipaksakan... karena butuh pencarian sendiri.

semua orang yang hidup di dunia butuh pedoman.. lo baru beli barang elektronik, dapet manual book.. lo bisa aja cari tau sendiri tombol ini buat apa, itu buat apa, kalo rusak diapain, tapi ada manual book disitu..

gue memang bukan orang yang taat, gue tau gue banyak melakukan banyak hal yang dilarang Islam, tapi disitu kuncinya, gue tau gue itu dilarang, dan gue tau konsekuensinya, untuk masalah keyakinan, gak perlu dipertanyakan,  dan yang jelas gue nulis ini bukan untuk mempengaruhi atau menganjurkan atau apa, apapun keyakinan kalian, gue hargai, tapi manusia yang merasa dirinya adalah pusat dari alam semesta akan melakukan banyak kehancuran. rangkul erat-erat yang lo yakini, carilah Tuhan-mu dengan caramu sendiri.

dan jangan pernah menjadikan keyakinan untuk alasan berseteru dengan orang, karena semakin kecil keyakinanmu, semakin kamu akan memaksa keyakinanmu ke orang lain. ketidakyakinan adalah bentuk dari keyakinan... untuk mengakhiri tulisan ini, gue akan masukin 1 video yang lumayan membuat gue mikir:





we share common grounds,
don't judge people by their faiths.

Selasa, 28 Januari 2014

"Have You Ever Thought About Leaving?"

Earlier today, I asked that question to several people I know, a question about how much more you can bear this city, the city that we grew up, that some of us call home, some of us just stuck here and struggle to survive. Me, I wasn't born here, but I grew up here.

Fuck the traffic, fuckin' love the city.

Yes, the traffic is unbearable, I do admit that I contribute to the traffic by driving my own car here and there, but hey, where i'm going, it will take me more effort to take public transportation, plus, I pay my taxes so I deserve better infrastructure, ain't gonna ride crappy Metro Mini or Kopaja where in the past I lost my wallet and got robbed several times. So yeah. Plus I need everything in my baggage.

So, back to the question.

"I never thought about actually leaving, because everywhere I go, I always have this feeling of missing home. When I was away, I missed a lot of things that I left behind, and I was really looking forward to go back to those things I had in mind. So I thought, Jakarta was it, I knew because I've been to other places but Jakarta was always on the back of my mind.

But then I went back and things weren't the same."

I got that from a friend.

In some way, I love it enough to tolerate, that's why I stay and still hope that things will get better, it's like a relationship with this city, you get hurt sometimes, and I think i'm still here hoping to regain what i've lost, in vain.

Nevertheless, I'm not lucky enough to have parents that will throw me money to spend to start a new life abroad, I mean i had that chance, studying abroad, but threw it away for some girls in the past. My parents pampered me well though, they raised me well to always feel enough. Some people I know have the capability to decide and just go because they were born rich. (You thought i was going to say "but i'm stuck here in this hell hole" right? no I wasn't gonna say that) I still have mouths to feed, projects to finish, people that I care, my family, and most of all, MY CATS.

But my children deserve a better environment to grow up. They need better education, better infrastructure, and I will make efforts for that to happen. I'm not gonna force anything though, but keep this in mind, it will actually cost more to live here with the same field of work, why? You're gonna need to buy a car, a house that you can afford probably located at the edge of the town, which leads to more stress due to traffic, and good education is expensive unless you're smart as fuck and get scholarship. Boom.

In the mean time, I'm here for this city, and everywhere I go, any place that I will end up at, I will always be that "awesome Indonesian guy Dochi" and home isn't just here, a city, a country, earth is home. And i'm keen to explore.

I hope we will have a good leader for this country, get rid of corruption, build proper infrastructure, fix the economy. Looking forward for future election. Really.

In conclusion, do i really think about leaving? well, to put it in good words, my heart will always be here.

~dots

Minggu, 18 Agustus 2013

DORK

have you wondered what a real dork would be? do you consider yourself as a real dork? i think i am.
and i will give you a few list of why i consider myself, a dork.

i like small things that make me happy.

i like to scream at characters in movies to do things

i like looking at the clock and seeing that it's 12:34 or 11:11

i like watching movies and not watching it

i like to hi-5 lil kids and babies

i like going to a book store not knowing what do i want to get, just the idea of going to the book store

i like laughing so hard i start crying

i like listening to couples how they met

i like looking at lights at night, sometimes it looks brighter than it is during the day

i like it when i learn a new word and then suddenly start seeing it everywhere

i like morning messages

i like organizing things, like keeping my clothes color coordinated in the drawers, i can be a bit neurotic

i like staying up so late that everything becomes funny

i like going to vacation until i don't know what day it is because it just don't matter anymore

i like going on a car ride at night

i like long walks

i like parks

i like to make a face on a plate with the food that i don't finish eating

do you do the same too?




if you read the older post of this blog, you'll get to the "awesome thing #" part.



Sabtu, 22 Juni 2013

The Scenery

On the bus with my boys, Pee Wee Gaskins just did a show last night at Liquid Semarang.. It was a fun and packed show, kids went crazy in a good way.. My bass went kaput for a little while and ruined my mood but the show ended okay (I guess).

Where are we anyway? We're on our way  to Bojonegoro for a coupla shows tomorrow.. We're gonna play for 2 sets in the same venue. Afternoon and night show.. Should be interesting.

What's been happening? A lot. Currently writing my book "Kata Dochi" but there has been a minor bump because i was too busy doin' something else haha i hate ADD. Pee Wee Gaskins just done recording our upcoming release, Epilog. Met up with Hopeless Records a while ago, such a nice guy, we ended up having drinks and played drinking games that made us drink a wee more. Sunday Sunday Co sold out on Jakcloth just a few hours after its opening, that's epic craziness right there thank you very much for the love!
Still having fun writing songs about growing up, getting girls, exploring more sounds and all that shiet.
Thinking of making a new song for Regular Show. And oh just did a video for NSG's track "Starlight" with Rayi of RAN, for those of you who haven't listened to the song, you can buy it on iTunes, i did a rap part on that song! Haha a good friend of mine Nadine Alexandra (Puteri Indonesia 2010) is going to be on that video as well. It's goin to be a a huge ass dope bucket!

Yeah still on the road. The traffic is a bit shitty. Ipod just shuffled to a song from
After Tonight. I miss Ken! Didn't get the chance to hang out on our recent visit to Tokyo.

I think that's about it for now, i'll write some more (or not). I'm gonna get some sleep *yaaaaaaaaawn.



Minggu, 02 Juni 2013

Not a bad thing at all, I guess

I'm a loner, I love to spend times without any company. I can think, work, create, and function well without someone's nagging.

I am used to this and I don't see it as a problem. I don't have anything against society, I can socialize well, I love socializing.

But at the end of a day, what I really need is just a private space of my own. Just me and myself sorting things out.

And when I say I want my time alone, I WANT my time alone.

I can't function well with too many people around. I hate the sound of people's sigh, I hate hearing complains, I hate loud voices, I hate the sound of my dad when he started to "tsk" or "ck". I hate little children with too many whinings.. I consider old people childrens too. Even worse. Not really a good music to my ears.

I need a bigger private space. I need you to stay out of my room when I need my time alone.

Do you need to be reminded which way is the door?



Minggu, 21 April 2013

Fluktuasi Glukosa

Ini bukan lagu Pee Wee Gaskins, tapi kayanya bakal di remake untuk jadi lagu Pee Wee Gaskins, jadi dibedah dulu kali yaaa

Fluktuasi Glukosa.

Waktu gue bawain di Jepang sih, kira-kira gue pembukaannya begini.

"this song is about something that is too sweet, it hurts my teeth, and eventually hurt me"

lagu ini tentang sesuatu yang terlalu manis, bikin gigi sakit, dan akhirnya bikin semua jadi sakit.

kalo dari judulnya sendiri, Fluktuasi Glukosa adalah lonjakan gula. Analogi yang gue pake untuk menceritakan sesuatu yang sangat manis sampe bikin kadar gula naik.

saat terbaik dalam hidupku adalah
dengan kamu
tetaplah disini semua kenang
titk dua dan bintang


walaupun putus, gue akui, banyak kenangan yang berkesan yang gak mau gue lupain, titik dua dan bintang itu :* atau cium, maksudnya kaya "makasih ya buat semuanya"

hitam putih atau berwarna
gelap terang siang dan malam
selamanya


ini mengacu ke lirik sebelumnya, sebagai rasa terimakasih gue, gimanapun keadaannya, enak ga enak, kapanpun, pokonya makasih deh.

tetaplah disini semua kenang
genggam tanganku sayang


ya pokonya gak mau lupa, karena pisahnya juga baik-baik dan gak saling menjatuhkan, genggam tanganku maksudnya kita tetep bisa berhubungan baik.

ini pertama kali ku gunakan kata “cinta”
dalam lagu tentang aku dan dia
semua tanda tanya terjawab dengan
kurung buka dan titik dua
singkat kata ku bahagia


yes, ini satu-satunya lagu yang gue tulis yang ada kata "cinta"nya, saking seriusnya gue nulis lagu ini.
semua pertanyaan dan kegundahan di jawab dengan perasaan senang, karena emang tujuan awalnya adalah untuk bahagia. 

dengar jantung ini berdetak untukmu
berlutut ku meraih jari manismu
kugenggam tanganmu
you know that i love you so much
dengar jantung ini berdebar untukmu
berlutut ku meraih jari manismu
kugenggam tanganmu
you know that i love you so much


walaupun sempet kepikiran untuk bareng selamanya, tapi akhirnya kita memutuskan untuk bahagia sendiri-sendiri, karena masih banyak yang kita mau cari dan tidak melibatkan satu sama lain.

hehe

kalo dari videoklipnya, ceritanya kira-kira begini.

si cowo pergi lagi ke tempat yang sebelumnya pernah dia datengin bareng cewenya, untuk menjawab perasaan dia.

ternyata emang lebih menyenangkan waktu berdua, tapi cowonya tetep memilih untuk bahagia, walaupun udah gak bareng lagi. cigiiituuuuuuu.



Dochi Sadega

Sebuah Rahasia dari Sebuah Rahasia

hello, kayanya waktu itu udah janji mau nge-post tentang ini ya? ternyata waktu itu lagi gak mood nulis yang galau-galau hahaha lagian setelah gue baca liriknya, bagian mana yang susah di pahami? kayanya udah ditulis pake bahasa indonesia yang mudah dimengerti.

oke flash back sedikit untuk bercerita rahasia dari Sebuah Rahasia.

lagu ini adalah lagu pertama yang gue tulis untuk Ad Astra Per Aspera, sebuah lagu ballads pertama Pee Wee Gaskins, tapi liriknya gak cengeng.

pada dasarnya lagu ini bercerita tentang hubungan yang dirahasiakan, dimana salah satu pihak cuma bisa pasrah pacaran harus diem-diem.

langsung ke liriknya yah!

beranjak dan berjalan ke depan basuh air mata
dan cerita saatnya melupakan


jangan nangis, hidup terus berjalan, lupain lah.

jam berhenti di dua belas ku habiskan gelas demi gelas
membuat pahit sisa yang manis sampai akhirnya ku lupa


waktu terasa berhenti, minum yang pahit (bir) mencoba melupakan kenangan-kenangan yang manis.

[reff:]
dan kau percaya tak ada yang lebih baik dari ini
apanya yang bahagia dan ku tertawa

tak akan ada cerita dalam (sebuah rahasia)

dia bilang, ini yang paling baik, tapi apa enaknya jalanin hubungan yang harus di tutup-tutupi.

lupakan saja dan jangan pernah kau kembali di sini
keringkan semua luka (pergilah saja)
berlarilah karena kau akan ku lupakan


mendingan udahan aja sih, jalan sendiri-sendiri, lama-lama juga saling melupakan.

berhenti dan ingatlah sejenak coba tetap berdiri tegak 
dan membakar semua kenangmu
berhenti menangis dan ini yang terbaik dan teruslah melangkah 
dan saat dunia berpaling darimu tengoklah ke arah lain


JELAS banget kayanya ga usah di artiin hahaha

[repeat reff]

kalau bisa ku ulangi cerita kita akan berada
di tempat pertama kita berjumpa tak akan ada
ku di sini dan mencari kau di sana menunggu 
untuk ditemukan, untuk ditemukan

ini mengacu ke pertama kali kita ketemu, kalo gue dan dia gak lagi di tempat yang sama ya waktu itu gak ketemu, tapi kayanya gak ada yang bisa ngelak takdir kenapa waktu itu ketemu, karena yang satu lagu nyari, yang satu lagi nunggu ditemukan.

berhenti menangis dan ini yang terbaik dan teruslah melangkah 
dan saat dunia berpaling darimu berlarilah karena kau akan ku lupakan


Jelas kan?

Rabu, 17 April 2013

Remember The Titans = Heartbreak Can Be A Good Business?

hi, ini salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan..
"kenapa Remember The Titans judulnya ganti jadi Heartbreak Can Be A Good Business padahal lagunya sama?"

yuk bahas lagunya!

jadi, Remember The Titans itu judul film yang lagi gue tonton pas nulis lagu ini. Lagu ini adalah lagu kedua Pee Wee Gaskins setelah Here Up On The Attic, dan lagu pertama untuk ngetes vocal Sansan tanpa teriak-teriak (baca: scream/growl). Dan gue seneng banget sama hasilnya. Sebagian dari lirik gue tulis bareng sama Sansan di rumah gue dimulai dari buka kamus dan menemukan kata-kata ini:

despise, abhorrence, and detestation

despise: to dislike intensely; loathe

abhorrence: a feeling of repugnance or loathing

detestation: intense hatred

Kata-kata diatas intinya artinya sama, tentang kebencian. Yes, this is a song about a bad break up.

Berikut lirik lengkapnya.

see the stars unmade
make way for the memories remain
and ignore the good ones


bintang itu menggambarkan sesuatu yang bersinar, melihat bintang pudar adalah analogi untuk sebuah hubungan yang lama-lama mulai redup, membiarkan kenangannya hilang, dan persetan dengan kenangan yang menyenangkan.

watch it burn tonight
the world is never good enough for you
and im dying not to see you

malam ini gue akan membiarkan semua kenangan itu terbakar dengan masa lalu, dan betapa kesalnya gue merasa dunia dia belum cukup luas sampe harus masuk-masuk ke dunia gue, bergaul dengan teman-teman gue, sampe muak liat dia ada dimana-mana.

you have a place in me and always do
dont think to go back to the alley you know it's true

"you have a place in me, you always do" adalah SMS dia ke gue setelah putus dulu hehe 'alley' itu maksudnya gang kecil, gelap, bau.. maksudnya mau berpesan, jangan jadi berantakan setelah putus, jangan masuk ke jalan gelap itu.

the wounds im healing from your goodbyes
is the reason im still here tonight
despise, abhorrence, and detestation
in conclution is the reason to forget 2002

yes, putus cinta kan selalu sakit yakaaaaaan.. kalo gak nyoba recover gak akan bisa ada disini.. segala kebencian tentang dia adalah alasan untuk melupakan 2002 (awal kenal sama si cewe ini.. we were dating for 5 years btw) pacaran 6 April 2002, putus 2007. Pee Wee Gaskins terbentuk 11 April 2007.

you're just adding "I" in misery and pain to me
letting go is so much easier than moving on

ini semacam permainan kata, kan ada huruf I di MISERY (sengsara) dan PAIN maksudnya dia bikin sengsara dan sakit. dan melepaskan lebih gampang dibanding move on. putus kan bukan berarti langsung bisa move on.

watch it burn tonight


it's the reason im still here tonight


wreck my heart apart


forget my promise not to let you go

janji janji palsu gitu deh, bilang mau selamanya bareng.. cigitu.

bonus nih, kalo denger Remember The Titans ada suara cewe di tengah-tengah.. itu pembicaraan telfon pas dia minta maaf dan ngajak balikan di hari jadian kita di tahun ke tiga.. ini pembicaraannya.

"Caa*, aku pengen berhentiin waktu nih.
aku pengen disitu sama kamu.
aku juga pengen ngulang waktu biar aku gak ngelakuin kesalahan buat kamu,
jadi kamu bisa mikir berulang-ulang lagi untuk ngga ninggalin aku.
apa at least, aku bisa ngga akan ngerasa keberatan sama kesibukan-kesibukan kamu.
yang waktu itu udah mulai nyingkirin aku.
aku sayang banget sama kamu, caa.
'met tanggal 6 ya"

*dia manggil 'Caa' karena nenek gue gak bisa manggil Ditsa. Bisanya Dicha, makanya dulu waktu kecil panggilan gue Dicha, jadi Caa.


HAHAHAHA lucu yaaaaaaaaa lagunya :)))

Alasan ganti judul biar gak ngelanggar urusan hak cipta, karena itu judul film, dan label gak mau berurusan sama hukum kalau nanti bermasalah.





Dochi Sadega

Jumat, 12 April 2013

Bedah Lirik: Dibalik Hari Esok

Dibalik Hari Esok ini lagu bahasa Indonesia pertama di PWG, waktu itu lagi iseng-iseng bengong nulis, akhirnya jadi lagu. Lagu ini yang akhirnya bikin PWG tembus layar kaca kan? ^^

Cerita dibalik lagunya, ini gue tulis waktu pacaran sama seorang model, yang akhirnya dapet kerjaan pertama jadi bintang sinetron (hahaha) dan dia ninggalin gue disaat PWG launching Stories From Our Highschool Years di SPAZIO PIM2, karena lebih milih kerjaannya, lagu ini tentang sebuah harapan, semua yang gue dapet hari itu dan sebelumnya, akan membantu gue meraih mimpi gue di masa depan. Jadi lagu ini untuk mengingatkan gue, yang gue bakal raih besok, ini cerita dibalik semua itu ^^

matahari, jangan kau berpaling
biarkanlah terang kembali mengisi hariku
biarkan berhenti, dan putar kembali
tak akan bisa kau ambil jantung ini,
berhenti berdetak sampai kau disini

kembali, putar waktu kembali

analogi matahari gue pake untuk menggambarkan keceriaan, gimana sedihnya gue waktu ditinggalin dan berharap matahari gak ninggalin gue dan bikin hari-hari gue jadi gelap setelah gue gak sama dia lagi, tapi biarpun begitu, gue tetep harus semangat dan gak boleh mati semangatnya, sampe gue bisa buktiin ke dia, gue berhasil.


kunyalakan tv dan tenggelamku di layar kaca
(membawaku kembali pada waktu itu)
ciuman pertama yang kau rasa
(semua berlalu tanpa terasa)


akhirnya gue liat dia di sinetron yang dia ambil pas lagi nonton tv dirumah, jadi inget pas dulu masih pacaran, katanya dulu gue ciuman pertamanya dia, tapi kayanya udah gak ada artinya hehe

dapatkah semua kembali seperti sediakala disaat semua biasa saja?
membawamu kembali kesampingku
membawaku pergi bersamamu

dan setelah semuanya berubah, dia sibuk syuting-syuting, gue sibuk sama PWG, kayanya sekarang udah gak bisa lagi untuk biasa-biasa aja, dan kita gak mungkin bareng lagi

dan pastikan kau akan kembali
tak akan bisa kau ambil jantung ini,
berhenti berdetak sampai kau disini
kembali, putar waktu kembali

ya biasalah kalo baru putus kan masih galau, masih berharap cewenya balik lagi, dan sampe mati bakal terus berusaha ^^

aku disini inginkan canda dan tawa
teriak lepaskan beban terdalam
aku disini inginkan canda dan tawa
teriak lepaskan beban terdalam

belum waktuku
ini waktumu bersinar
belum waktuku
ini waktumu bersinar


maksudnya mau menghibur diri sendiri, gue pas nulis ini selalu ngebayangin nyanyiin diatas panggung, dan disitulah tempat gue bisa seneng, bisa bercanda dan ketawa sama temen-temen ngelepas semua masalah.. dan berkata ke diri gue sendiri, belum waktu gue sekarang, biarin dia dulu yang bersinar nikmatin masa-masa jaya dia jadi.. ehem.. artis sinetron ^^

Dochi Sadega


Bedah Lirik: The Art Of High School Break Up

Lagu ini sebelumnya pernah gue bikin dan rekam dalam format akustik, judulnya.. The Decadence Of Distance.. lagunya cerita tentang walaupun cewenya pindah keluar negri, jarak kayanya gak berasa kalo emang sama-sama saling percaya. Di PWG gue tulis ulang lagunya dan alur ceritanya dibuat sedikit meleset, tapi tentang orang yang sama.. Well, sebenernya ini pengalaman gue jaman SMA, gue ditinggal cewe ke Australia.. The Art Of High School Break Up itu cerita tentang romantika labil masa sekolah, yang gak tau maunya gimana, yang akhirnya bisa bikin gue berkarya ^^

The Art Of High School Break Up

Let’s take a walk tonight
we’re gonna talk this out
the moon is holding up my alibis

di bagian ini ceritanya gue ngajak cewe itu jalan-jalan untuk ngomongin hubungannya mau dibawa kemana kalo dia pindah ke luar negri, kita mau ngomongin sejujur-jujurnya perasaan kita gimana (semua alasan gue di pegang sama bulan - maksudnya gue gak mau boong malam itu)

so what if youre with him tonite?
so what if i cant be there?
you were never really with me anyway

jadi, ini bentuk kekesalan gue, kalo sampe dia berakhir sama orang lain juga gpp, toh selama ini dia gak selalu ada buat gue

with hopes of starting over
(i’ll send you post card when i get there)
anywhere
anywhere
far from you

dengan harapan mau mulai baru semuanya, nanti gue bakal ceritain semua kalau akhirnya kita gak bareng lagi, dan jauh satu sama lain

reff:
one day i will find you even when you’re not around
dont say “we wont last any longer”
or “you will find someone better”
it’s you that im waiting for
so i’ll wait for you
take notes that we’ll still have each other
we’ll drive away

gue mau bilang ke dia, suatu saat kalo dia balik lagi (ke Jakarta) gue pasti bakal nemuin dia lagi, jangan bilang "kita gak akan tahan lama" atau "kamu akan temukan orang lain yang lebih baik" (klise banget kan denger gitu kalo putus hehe), karena gue maunya cuma dia, dan gue cuma nunggu dia, dan gue mau ngingetin kalo sampe kapanpun kita tetep bisa bareng kalo sama-sama cari jalan,

(i can’t let you go if you keep holding my hand)

ini maksudnya nyindir sih, jadi waktu itu kita putus, tapi kalau lagi pergi bareng masih suka pegangan tangan

let’s give this one last shot
before i break your heart
the moon is down
so no more alibis

maksudnya bilang "coba lagi yuk sekali lagi sebelum sama-sama nyakitin", jujur-jujuran aja sama perasaannya

dont bother to explain it
i dont care anymore
you know what’s fun is fun
i know what’s done is done
dont let the story end this way
let’s just forget it
let’s just pretend it

gak perlu jelasin panjang lebar, gue udah gak peduli, yang menyenangkan emang menyenangkan, tapi yang udah berakhir ya sudahlah, tapi jangan begini akhirnya, lupain aja salah-salahnya, pura-pura gak ada masalah, maksudnya biar pas di pergi gak ada dendam lagi satu sama lain, gitu..

^^

Dochi Sadega